Thursday, October 7, 2010

Men-Defrost Makanan Beku

Saat men-defrost, mengencerkan, atau melunakkan kembali makanan yang beku, makanan tersebut tidak boleh lebih hangat dari dari 4 derajat Celcius sebelum dimasak, sehingga meninggalkan gumpalan daging beku di luar seharian mungkin menjadi kurang aman. Bila Anda ingin men-defrost makanan, ini cara yang dapat Anda lakukan:

Di lemari es
Pada dasarnya: Tidak ada cara yang lebih aman untuk mencairkan semua jenis makanan, khususnya daging, dengan memindahkannya dari freezer ke bagian bawah.
Sebaiknya: Buat rencana jika Anda berniat menggunakan bahan makanan beku ini. Setidaknya daging butuh 8 jam untuk melunak di dalam kulkas, sehingga Anda tidak bisa buru-buru memasaknya.

Di microwace
Pada dasarnya: Cara ini lebih cepat, karena Anda dapat mencairkan beberapa potong daging kambing kurang dari lima menit.
Sebaiknya: Karena pengaturan defrost pada microwave juga memulai proses memasak (meningkatkan suhunya sehingga mudah terjangkau bakteri), penting bagi Anda untuk segera memasaknya.

Dalam mangkuk air
Pada dasarnya: Mangkuk air menjadi alternatif yang lebih low-tech daripada microwave, sehingga mencairkan di dalam air bagus untuk sup atau ikan beku. Rekatkan makan ke dalam kantong kedap air, lalu celupkan ke dalam mangkuk besar berisi air dingin. Ganti airnya setiap 30 menit.
Sebaiknya: Tidak menggunakan proses ini lebih dari 2 jam, karena bakteri akan mulai tumbuh.

Source : kompas.com

No comments:

Post a Comment